Cara cepat menghafal ternyata membutuhkan trik dan teknik tertentu agar
dapat benar-benar efektif. Memang, dalam hidup ini, takdir setiap
manusia berbeda-beda. Ada mungkin diantara anda yang sangat jago dalam
bidang eksakta atau hitung menghitung, ada juga mungkin yang memang jago
sekali dalam hal karang mengarang atau menulis ada juga yang memang
"susah menghafal dan menginta sesuatu". Setiap kita pasti memiliki
kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Sebelumnya lebih baik anda memahami dahulu hal-hal yang ada kaitannya
dengan otak. Mungkin bukanlah hal yang asing bagi anda bahwa otak / akal
itu terbagi menjadi 2 bagian. Lebih tepatnya bagian kiri dan bagian
kanan. Bagaimana proses penemuan teori pembagian otak ini? siapa yang
menemukannya? Jawabannya adalah "Roger Wolcott Sperry". Iya, beliau lah
yang telah berjasa menemukan bahwa otak atau akal manusia itu terbagi
menjadi dua bagian.
Coba anda simak kutipan singkat yang ada hubungannya dengan seluk beluk
siapa sebenarnya sosok Roger Wolcott Sperry itu. kami kutip dari
wikipedia berikut ini :
Roger Wolcott Sperry (Hartford, 20 Agustus 1913 - 17 April 1994) ialah
seorang neuropsikolog yang menemukan bahwa akal manusia terdiri atas 2
bagian. Ia menemukan bahwa otak memiliki fungsi yang terspesialisasi di
sisi kiri dan kanan, dan kedua sisi itu dapat berfungsi praktis tanpa
bergantung satu sama lain.
Setelah menerima gelar sarjana dalam sastra Inggris, ia belajar
psikologi dan zoologi, diikuti oleh penelitian selama beberapa tahun di
Universitas Harvard, Yerkes Laboratory of Primate Biology, dan National
Institutes of Health. Pada tahun 1954, ia bergabung sebagai staf di
Caltech dan tetap di sama selama 30 tahun.
Pada awal 1960-an, Sperry dan kawan-kawan, termasuk Michael Gazzaniga,
mengadakan eksperimen meluas pada pasien epilepsi yang korpus
kalosumnya, "jembatan" antara otak kiri dan kanan, terputus hingga
keadaannya tambah parah. Awalnya pasien tersebut terlihat normal, namun
penelitian menunjukkan beberapa kegiatan seperti menamai benda maupun
menaruh blok bersama-sama dengan cara yang ditentukan hanya bisa
dilakukan ketika menggunakan salah satu sisi otak. (Karena mata kanant
terhubung ke otak kiri, tangan kiri ke otak kanan, dan begitu juga
seluruh tubuh, rangsangan akan diberikan pada sisi tubuh yang berlawan
dengan hemisfer otak yang diuji.) Kemampuan tersebut tidaklah absolut,
namun nampaklah bahwa hemisfer kiri berfungsi khusus dalam proses
berbahasa dan bagian kanan dominan dalam tugas visual-konstruksi.
Karya Sperry membantu pemetaan otak dan membuka seluruh bidang masalah
psikologi dan filsafat. Sperry dianugerahi Hadiah Nobel dalam Fisiologi
atau Kedokteran pada tahun 1981 bersama dengan David Hunter Hubel dan
Torsten Nils Wiesel.

Nah,
semoga anda menjadi lebih memahami lagi tentang segala sesuatu yang
berhubungan dengan siapa sebenarnya sosok orang yang berjasa dalam
penemuan pembagian otak tersebut.
Kita lanjutkan lagi pembahasan tentang apa itu otak kiri dan apa itu
otak kanan. Masing-masing bagian otak ini memiliki fungsinya
masing-masing. Lebih jelasnya simak yang ini dulu ya :
Beberapa hal dan penjelasan tentang Otak kiri
Perlu anda ketahui bahwa otak sisi kiri itu lebih cenderung mempunyai
kemampuan / fungsi dalam hal logis,analisis,rasional dan obyektif. Jadi
dapat disimpulkan bahwa otak kiri / otak bagian kiri ini mempunyai
dominasi yang kuat terhadap segala sesuatu yang ada hubungannya dengan
kata-kata, simbol-simbol dan angka.
Nah, bagaimana? setelah membaca penjelasan diatas, seharusnya sekarang anda sudah menjadi lebih paham terhadap apa itu otak kiri
Nah, sekarang mari kita lanjutkan ke pembahasan mengenai otak bagian kanan.
Beberapa hal dan penjelasan tentang otak kanan
Berbeda dengan otak kiri, otak bagian kanan ini lebih condong mempunyai
kemampuan dalam hal yang berkaitan dengan sintesis, subyektif, holistik (
secara menyeluruh ), dan intuitif. Dengan demikian, dapat kita
simpulkan bahwa otak kanan / otak bagian kanan inilah yang berperan
besar untuk dapat membantu seseorang menjadi cenderung lebih kreatif
apabila dibandingkan dengan seseorang yang otak kirinya lebih dominan.
Memang, orang-orang yang kuat otak kanannya atau istilahnya "orang
kanan" sudah terbukti lebih kreatif, tidak suka hal-hal yang berurutan,
sangat kreatif dan biasanya sangat berani dalam mengambil resiko.
Sebenarnya sangat banyak hal atau contoh yang dapat diambil dari
orang-orang golongan kanan ini. Salah satunya adalah orang kanan
biasanya banyak yang menjadi pengusaha. Berbicara tentang pengusaha,
pasti terlintas istilah usaha. Nah, siapa tahu anda tertarik membaca
artikel ini,
berani memulai usaha.
Anda termasuk golongan yang mana? kanan atau kiri? siapa tahu anda juga
berbakat menjadi seorang pengusaha jika anda memang termasuk golongan
kanan. Masih terkait otak kanan dan kiri, perlu anda tahu bahwa jika
didasarkan pada sifat, maka akan terlihat perbedaan yang sangat mencolok
antara otak kiri dan otak kanan. Otak kiri sangat condong bersifat
ingatan jangka pendek ( short term memory ), sebaliknya otak kanan lebih
cenderung bersifat ingatan jangka panjang ( long term memory ).
Nah, jika sudah selesai membaca penjelasan yang panjang diatas, tentu
anda juga sangat tertarik untuk mengetahui bagaimana cara atau teknik
cara cepat menghafal. Daripada penasaran, silahkan simak yang berikut
ini.
Teknik;
1. Mnemonic
Anda bingung apa itu mnemonic? pengertian mnemonic adalah teknik atau
cara menghafal yang bersifat abstrak. Jadi teknik menghafal ini dengan
cara mengubah kata abstrak menjadi benda nyata yang dapat kita
bayangkan.
Sebentar, anda perlu mengetahui dahulu tipe-tipe sistem Mnemonic. Tipe sistem Mnemonic dapat dibagi menjadi 2, yaitu :
a. Sistem gambaran.
Sistem gambaran adalah teknik menghafal informasi yang abstrak dengan
cara menggambarkan kata abstrak tersebut menjadi sesuatu yang nyata.
Untuk contohnya, silahkan lihat dibawah ini.
Contoh sistem gambaran :
Yogyakarta dapat digambarkan dengan Borobudur.
Gembira dapat digantikan dengan menggambarkan orang yang sedang bergembira.
Jakarta akan lebih mudah kita ingat dengan menggambarkan Jakarta menjadi monas.
b. Sistem persamaan bunyi.
Sistem persamaan bunyi adalah teknik menghafal informasi yang
berdasarkan pada bentuk persamaan bunyinya. Sebagai contohnya, silahkan
anda lihat dibawah ini.
Contoh sistem persamaan bunyi :
Irak akan dapat lebih mudah kita ingat jika kita mengggantinya dan mencoba mengingatnya dengan kata rak
Singapura akan dapat lebih mudah kita ingat dengan cara mengingat kata singa
2. Memory Sport
Sebenarnya,otak manusia itu seperti halnya otot. Jadi, apabila kita
rajin berolahraga atau rajin mengolahragakan otot kita, tentu saja otot
kita juga akan menjadi lebih kuat. Begitu juga dengan otak kita,
apabila kita rajin mengolahragakan otak kita, maka sudah pasti otak
kita pun akan menjaapabila kita tidak di lebih kuat. Begitu juga
sebaliknya, jika kita malas dan tidak pernah mencoba mengolahragakan
otot / otak kita, sudah tentu otot / otak kita pun akan menjadi lemah.
Jadi, sangat disarankan agar kita senantiasa mengolahragakan otak kita.
Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana cara mengolahragakan otak kita?
Anda cerdas, iya perlu anda tahu, salah satu cara yang dapat kita coba
untuk mengolahragakan otak kita adalah dengan cara memory sport. Anda
tentu tahu TTS (teka teki silang). Nah, manfaatkacara / alat olahraga
otak kita. Usahakan sesering mungkin untuk mengisi TTS, semakin rajin,
maka akan semakin bagus hasilnya. Inilah cara yang paling gampang dan
murah untuk mengolahragakan otak kita. Dengan anda mengisi TTS tersebut,
maka secara tidak langsung otak anda akan menjadi sangat terlatih untuk
dapat mengolah kata-kata dan mengingat.
3. Story Sistem
Story system adalah teknik mengingat informasi yang menggunakan cara
menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya untuk
dijadikan sebuah cerita. Sebagai contoh silahkan simak yang berikut ini.
Contoh Story system :
Misalnya saja, ada beberapa kata yaitu burung – baju – awan – coca cola – gunung – kelinci – pistol – buaya – pohon – kawah
Nah, bisa jadi ada diantara anda yang sangat kesulitan untuk
menghafalkan kata-kata tersebut. Jadi untuk lebih memudahkan anda dalam
menghafalkannya, anda bisa menggunakan cara menghafal story sistem ini,
caranya adalah dengan membayangkannya. Lihat ini :
Burung memakai baju, terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke
gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang
tidur dibawah pohon di dekat kawah.
Hmm, dengan cara membayangkan seperti itu, maka anda akan menjadi lebih mudah untuk menghafalkannya. Silahkan dicoba.
4. Relation Sistem
Relation sistem adalah salah satu teknik mengingat informasi dengan cara
menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya secara
aksi. Relation sistem ini sangat sering digunakan untuk menghafal kan
sebuah kalimat yang berpasangan seperti nama sungai dan provinsinya,
nama negara dan ibu kotanya, vocabulary dan berbagai jenis kalimat
berpasangan lainnya.
Untuk lebih memperjelas anda, silahkan simak contoh dibawah ini.
Contoh relation sistem :
Kerbau menabrak tong
Tina makan rujak
Dari contoh diatas, kita bisa melihat bahwa menabrak dan makan adalah
relation sistem aksi. Aksi tersebut berfungsi sebagai kalimat utama
pemicu untuk menarik dan memperjelas informasi yang ada didepannya.
Sehingga informasi yang ada didepannya tidak akan lupa. Silahkan saja
anda praktekkan.
TIPS MENGHAPAL PELAJARAN YANG EFEKTIVE DAN EFISIEN............!!!!!
Setelah
banyak menulis tentang kategori spiritual dan militer, saya ingin
sharing dengan para pelajar atau mahasiswa yang mendapat kesulitan dalam
mencapai hasil yang memuaskan/optimal dalam mengerjakan pekerjaan soal
soal ujian, terutama yang bersifat hapalan….
Untuk
diketahui, manusia memiliki otak yang fungsinya terbagi tiga…Otak kiri
yang berfungsi untuk menangani materi yang bersifat matematis,
logis…..otak kanan yang menangani materi yang bersifat intuitive,
spiritual, emosional…dan otak belakang yang menangani masalah memory….
Kalau kita menghapal sebuah mata
pelajaran, termasuk rumus matematika, ilmu ukur sudut, logarithma,
bahasa, sejarah dll, apa yang kita baca dan hapal, semuanya direkam oleh
otak kiri dan disimpan didalam otak belakang yang berfungsi sebagai
gudang memory atau semacam hard disknya computer….
Pada
saat kita mengerjakan dan menjawab soal ujian, kita akan memerintahkan
otak kiri kita untuk membuka kembali rekaman pelajaran yang sudah
disimpan di memory otak belakang…..
Disinilah
letak kendalanya, menurut hasil penelitian pakar kemampuan otak manusia
di Amerika Serikat, ternyata kemampuan otak kiri manusia normal dengan
metoda standard, untuk membuka kembali semua yang direkam dan disimpan
di otak belakang, maksimal hanya 20% saja….
Akibatnya,
pada saat kita harus menjawab soal ujian, maksimal hanya 20% yang bisa
dijawab sempurna, yang lainnya hanya kira kira saja/gambling…
Sekarang
masalahnya adalah bagaimana caranya agar kemampuan otak kiri membuka
kembali hasil rekaman yang tersimpan diotak belakang bisa meningkat
sampai optimal, mendekati 100%….
Jawabnya
adalah… kita harus memeras otak kiri kita agar bekerja sampai batas
maksimal…,sangat lelah, agar otak kanan kita secara tomatis akan segera
membantu tanpa kita perintahkan (memang juga kita tidak bisa perintahkan
otak kanan bekerja, dia akan bekerja secara intuitive, bila keadaan
sudah emergensi, darurat….)….
Mengapa
harus dibantu otak kann?…Otak kanan mempunyai kemampuan mengakses semua
hasil rekaman yang berada didalam otak belakang….Otak kananlah yang
berfungsi dalam kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual…Otak kanan
memiliki kemampuan radar dan pemancar yang frequensinya bisa berhubunan
dengan frekuensi otak belakang dan alam semesta…Otak kananlah yang bisa
mengakses kekuatan alam bawah sadar yang tersembunyi didalam otak
belakang kita…
Sekarang
bagaimana cara melatih otak kiri kita supaya bekerja keras dan sangat
lelah mendekati titik optimal sehingga terpaksa otak kanan yang
intuitive turun tangan menolong otak kanan?….
Caranya adalah sebagai berikut:
- Baca dan hapalkan seluruh materi pelajaran yang akan diujikan berulang ulang sampai merasa sudah hafal betul….
- Kemudian kalau merasa sudah
hafal betul, tutup bukunya dan lakukan relaksasi dengan cara berbaring
santai, tutup mata sambil mengatur nafas yang santai sekitar 30 menit
saja….
- Setelah tubuh dan otak sudah
terasa dingin dan santai, ambil kertas dan fulpen….lalu kita tuliskan
kembali semua yang kita hafalkan tadi diatas kertas, dengan menggunakan
singkatan singkatan semacam jembatan keledai (contoh singkatan/jembatan
keledai untuk Siapa apa, bilamana, dimana, bagaimana dan
mengapa….jembatan keledainya adalah: Siabidibame…)…
- Saya yakin, pertama kali
melakukkan uji coba, maka anda hanya aka mampu menuliskan kembali apa
yan anda hafal, sebanyak 20% secara baik…yang lainnya lupa lupa
ingat/ragu ragu…
- Lakukan terus berulang ulang uji coba ini untuk satu materi pelajaran yang diujikan, jangan pindah ke pelajaran lain dulu….
- Setelah anda mampu mencapai
hasil menulis kembali apa yang dibaca, dikeluarkan dari otak belakang
anda/memory sebanyak 100% dan itu dilakukan sebanya 10 kali berturut
turut dan hasilnya sama baiknya, ambilah kertas yang berisi tulisan
singkatan mata pelajaran tersebut dan tempel didinding tempat anda
belajar…
- Setiap hari,minimal satu kali
anda harus review hasil catatan yang ditempel tersebut dengan membuat
copy catatan yang anda keluarkan dari otak, bukan diaca dari kertas
berisi singkatan itu !!!
- Demikianlah lakukan terus dengan seluruh mata pelajaran yang akan diujikan…
-
|
Belajar mendadak
menjelang ujian memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum
ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak
bukan masalah. Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi
efektif.
1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
Yap, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami
hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang
lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua
materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk
memahami dulu garis besar materi pelajaran.
2. Membaca adalah kunci belajar
Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali
dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh
dosen. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali
jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.
3. Mencatat pokok-pokok pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau
kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata
kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama
ujian.
4. Hapalkan kata-kata kunci
Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang
lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci
dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita
memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah
MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan
ungu.
5. Pilih waktu belajar yang tepat
Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan
kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang
sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk
berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi
baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan
mengerjakan pekerjaan rumah.
6. Bangun suasana belajar yang nyaman
Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita
bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa
kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di
perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu
dan terganggu oleh pihak lain.
7. Bentuk Kelompok Belajar
Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan
teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal
lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang.
Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang
dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini
biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.
8. Latih sendiri kemampuan kita
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada
setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan.
Tanpa perlu menunggu instruksi dari dosen, coba jawab semua pertanyaan
tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban
tidak ada di buku, cobalah tanya ke dosen.
9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal
latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala
ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal
latihan. Minta tolong dosen untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari
jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak
kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.
10. Sediakan waktu untuk istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di
kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan
pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi
dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan
diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima
materi baru.
Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana
kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di kampus. Selain
menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita
sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata
sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa
menerangkan dengan jelas dan teratur - tak perlu detail - berarti kita
sudah paham.
 |
0 komentar:
Posting Komentar